Minggu, 24 Mei 2015

CYBER WAR (Pendidikan kewiraan dan Kewarganegaraan)

Pengertian Ketahanan Nasional

Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.
Ancaman salah satu dari ketahanan nasional adalah cyber war :

Pakar teknologi komunikasi, Sarwoto Atmosutarno menyatakan liberalisasi telekomunikasi yang telah diberlakukan sejak tahun 1995 telah menyebabkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia terlalu terbuka, baik secara pengelolaan maupun pemilihan teknologi.
Menurutnya, salah satu dampak paling buruk dari liberalisasi ini adalah komunikasi yang dilakukan oleh jajaran pejabat pemerintahan yang seyogyanya sarat pengamanan terabaikan dan mendapatkan perlakuan layaknya komunikasi publik. Sementara, desain komunikasi publik adalah jaringan terbuka yang rawan penyadapan.
Cyber War itu nyata dan tidak perlu deklarasi perang. Geopolitik dan geostrategi mendesak kita untuk segera membangun cyber defense berbasis teknologi terestrial maupun ruang angkasa/satelit berbasis digital,” kata Sarwoto Atmosutarno
Sarwoto menjelaskan, sejak liberalisasi jaringan telekomunikasi militer dan keamanan Indonesia tertinggal dibanding jaringan telekomunikasi publik.
Dimana, lanjut dia, ketertinggalan ini kemudian diperparah dengan belum adanya kesadaran akan pentingnya keberadaan cyber war dan cyber defense di kalangan pembangunan dan pengelola jaringan tersebut yang seharusnya segera direalisasikan dan tidak hanya menjadi wacana.
“Selama pejabat publik menggunakan jaringan komunikasi publik jelas tidak aman. Sudah saatnya komunikasi pemerintahan dibuatkan sistem telekomunikasi khusus. Padahal UU No. 36/1999 telah menyebutkan soal ini tetapi pelaksanaannya minim, bahkan prioritasnya terabaikan,” beber mantan Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) ini.
Lebih jauh ia mengungkapkan, idealnya pejabat dan instansi pemerintah serta pihak-pihak yang rawan mendapatkan serangan dalam cyber war difasilitasi dengan Jaringan Pengguna Khusus (Closed User Group, CUG) yang lebih aman.
"Dengan jaringan semacam ini, aktivitas telekomunikasi pejabat dan instansi pemerintah atau bahkan figur publik dapat dilindungi keamanannya secara khusus dan tertutup, dengan hierarki yang jelas standar operasinya," cetusnya.
Untuk itu Sarwoto menegaskan, hierarki jaringan akses, pengumpul, dan backbone bisa didesain dengan algoritma yang berlapis-lapis dan diacak. Interkoneksi jaringan khusus dengan jaringan publik dibatasi dan terkendali baik untuk layanan suara, data, dan video termasuk internet protokol yang digunakan.
“CUG dengan desain topologi jaringan khusus saat ini digunakan oleh banyak negara yang sudah sangat sadar peranan cyber war dalam perang modern,” tegas Sarwoto.
Dengan sumber daya yang ada, ia optimistis Indonesia mampu membangun jaringan cyber defense yang tangguh. Sebab, tambah dia, kurang lebih dalam jangka lima tahun Indonesia sudah bisa mengejar ketertinggalan di bidang ini.
“Yang penting ada konsistensi perencanaan dan tidak tergantung pada periode siapa yang berkuasa untuk melaksanakannya,” pungkasnya.
Analisa :
Mengapa Cyber War bisa mengancam ketahanan negara ?
Karena bisa mengancam semua Negara dengan aset-aset yg dimiliki Negara, dampak yang dilahirkan tentu akan memiliki dua sisi, yaitu sisi negative dan juga positif. Di era globalisasi dan teknologi internet sekarang ini telah mempengaruhi berbagai  sendi  kehidupan  dalam  masyarakat, bangsa, dan negara di dunia Kemajuan Internet, telah menjadikan hubungan antar manusia, antar bangsa semakin lebih mudah, cepat tanpa dipengaruhi oleh ruang dan waktu.

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebuah Perjalanan

Assallammuallaikum wr.wb Setiap perjalanan memiliki arti yang berbeda - beda bagi semua orang yang melakukan perjalanannya keberbagai ...