Rabu, 18 Maret 2015

Kasus Penggunaan Bahasa Indonesia yang Salah

Assallamuallaikum.wr.wb
Selamat datang diblog saya FATUR ROHMAN









Pembahasan kali ini : Cari kasus yang penggunaan bahasa indonesia bahasa indonesianye salah ?

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan. Bahasa Indonesia adalah identitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Bahasa ini dituturkan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Dalam dunia pendidikan, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar. Namun, tidak semua siswa fasih bertutur dengan bahasa Indonesia.

Dewasa ini, tidak jarang kita temukan penggunaan kata baku yang salah kaprah. Dalam kehidupan sehari-hari bahasa yang kita gunakan tidak hanya Bahasa Indonesia saja melainkan bisa bercampur dengan bahasa daerah. Nah, maka dari itu sering kita bingung antara kata sehari-hari dengan kata baku yang benar. Apalagi sekarang banyak sekali bahasa gaul yang tidak sesuai dengan EYD kita. Biasanya bahasa seperti itu dipakai oleh anak-anak gaul seperti saya ini (hehehe). Kalau begitu di sini saya akan mencoba untuk menulis beberapa kata baku yang sering kalah kaprah. So, check it out..

~ apotek bukan apotik
~ nasihat bukan nasehat
~ risiko bukan resiko
~ Jumat bukan Jum'at
~ antarkota bukan antar kota
~ Mahakuasa bukan Maha Kuasa
~ Maha Esa bukan Mahaesa
~ mengebom bukan membom
~ fotokopi bukan foto kopi
~ persen bukan prosen
~ November bukan Nopember
~ bus bukan bis
~ berkali-kali/berulang-ulang bukan berulang kali
~ saling mendahului/dahulu mendahului bukan saling dahulu mendahului

^Aturan untuk kata baku di atas^
me + kata bersuku satu = menge + kata bersuku 1
contoh :   > me + bom  = mengebom
                 > me + cat     = mengecat
Maha + kata dasar ~> dirangkai (kecuali, Maha Esa)
contoh : Mahabijaksana, Mahaadil.
Maha + kata berimbuhan ~> dipisah
---> contoh : Maha Pengasih, Maha Berkendak, Maha Pengampun

°Tujuan°
Tujuan Pembuatan karya tulis ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan penulis akan aturan penggunaan pemakaian huruf miring dan juga sebagai pertanggung jawaban akhir kepada dosen pembimbing atas matakuliah bahasa Indonesia yang telah di pelajari.

°Manfaat°
Diharapkan karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca agar lebih mengetahui pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar khususnya dalam penggunaan huruf miring.

°Kesimpulan°
kesimpulan Masih banyak media-media cetak di Indonesia baik yang sudah dipandang baik oleh masyarakat ataupun yang dipandang sebelah mata di dalam masyarakat yang masih salah dalam penggunaan bahasa Indonesianya. Meskipun, tidak banyak kata-kata yang salah dalam pengetikannya khususnya kesalahan dalam penggunaan huruf miring tapi dalam hal keseragaman berbahasa Indonesia yang baik dan benar, hal tersebut menjad problem dalam penggunaan bahasa sehari-hari khususnya pada media cetak.

°Saran°
Saran penulis akan hal tersebut sebaiknya para editor lebih memerhatikan hal-hal yang perlu di perhatikan dalam tata cara penggunaan bahasa Indonesia. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan baik tanda baca, huruf kapital, diksi, huruf miring, dan lain-lain agar terjadi keseragaman berbahasa Indonenesia

Sumber :
http://www.academia.edu/6196739/Beberapa_Kesalahan_Pemakaian_Bahasa_Indonesia_Dalam_Barang_Cetakan
http://sastrakusastraindonesia.wordpress.com/2011/10/15/penggunaan-bahasa-indonesia-di-kalangan-siswa/
http://zuhairoh.blogspot.com/2012/06/penggunaan-kata-baku-yang-salah-kaprah.html?m=1
https://www.google.com/search?q=bahasa+indonesia&client=ms-android-zte&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=ERMsVNKIBIK2uATS2YLoBA&ved=0CAYQ_AUoAQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebuah Perjalanan

Assallammuallaikum wr.wb Setiap perjalanan memiliki arti yang berbeda - beda bagi semua orang yang melakukan perjalanannya keberbagai ...